Pengenalan Dasar Tentang PHP

blogger templates
belajar php pemula
PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan saat ini untuk membangun sebuah website, website-website besar seperti Facebook, Twitter dan website-website lainnya menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman website.

PHP bekerja di sisi server artinya anda harus mempunyai server terlebih dahulu untuk membuat sebuah file PHP, jika dalam membuat sebuah file HTML kita bisa membuat dan meletakannya di mana saja seperti di desktop, di My Document atau dimana saja, beda dengan PHP anda harus menginstal webserver terlebih dahulu untuk membuat dan mengeksekusi file PHP.

Untuk memiliki webserver anda bisa membeli hosting pada perusahaan yang menyediakan jasa hosting, tapi kita juga bisa menginstal webser di komputer kita sendiri atau biasa disebut localhost ada beberapa pilihan software untuk membuat sebuah localhost seperti Appserv, Xampp dan lainnya, saya sendiri biasa menggunakan Xampp untuk membuat sebuah localhost.

Anda bisa mendownload Xampp disini : http://www.apachefriends.org setelah anda mendownload nya silahkan instal ikuti arahannya. Setelah selesai meninstal sebuah folder xampp akan ada di direktori C. C:\xampp disinilah file instalan software Xampp diletakan dan untuk menyimpan file-file PHP kita akan meletakannya di C:\xampp\htdocs.

Untuk mengetest apakah localhost sudah berjalan atau belum anda bisa membuka browser mozilla, Chrome atau yang lainnya kemudian pada addresbar ketikan localhost jika pada layar muncul tampilan seperti dibawah ini itu berarti server local atau localhost anda sudah berjalan.


Oh ya dalam software ini sudah termasuk Mysql sebagai server jadi ketika menginstal Xampp jangan lupa centang Mysql untuk menginstal server, oke mudah-mudahan bermanfaat kita akan lanjutkan insya Allah pada postingan selanjutnya.

0 Response to "Pengenalan Dasar Tentang PHP"

Posting Komentar

silahkan beri komentar, asal jangan spam dan tunggu balasan komentar saya di blog anda